Minggu, 19 Februari 2017

HUKUM MEMBACA AL-QUR'AN BAGI WANITA YANG HAIDH : حكم قراءة القرآن الكريم للحائض


: حكم قراءة القرآن الكريم للحائض

هل يجوز للمرأة أن تقرأ القرآنالكريم في أيام عذرها؟ وهل لها أن تقرأ القرآن الكريم إذا أوت إلى النوم وتقرأ آية الكرسي بدون أن تلمس المصحف؟

الحمد لله وصلى الله وسلم على رسول الله، أما بعد: فقد سبق أن تكلمت في هذا الموضوع غير مرة وبينتأنه لا بأس ولا حرج أن تقرأ المرأة وهي حائض أو نفساء ما تيسر من القرآن عن ظهر قلب؛ لأن الأدلة الشرعية دلت على ذلك وقد اختلف العلماء رحمة الله عليهم في هذا :
*فمن أهل العلم من قال: إنها لا تقرأ كالجنب واحتجوا بحديث ضعيف رواه أبو داود عن ابنعمر رضي الله تعالى عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: (لا تقرأ الحائض ولا الجنب شيئا من القرآن) وهذا الحديث ضعيف عند أهل العلم*؛ لأنه من رواية إسماعيل بن عياش عن الحجازيين، وروايته عنهم ضعيفة.
*وبعض أهل العلم قاسها على الجنب قال: كما أن الجنب لا يقرأ فهي كذلك*؛ *لأن عليها حدثا أكبر يوجب الغسل، فهي مثل الجنب.والجواب عن هذا أن هذا قياس غير صحيح، لأن حالة الحائض والنفساء غير حالة الجنب، الحائض والنفساء مدتهما تطول وربما شق عليهما ذلك وربما نسيتا الكثير من حفظهما للقرآن الكريم،* أما الجنب فمدته يسيرة متى فرغ من حاجته اغتسل وقرأ، فلا يجوز قياس الحائض والنفساء عليه، والصواب منقولي العلماء أنه لا حرج على الحائض والنفساء أن تقرأ ما تحفظان من القرآن، ولا حرج أن تقرأآ الحائض والنفساء آية الكرسي عند النوم، ولا حرج أن تقرأآ ما تيسر من القرآن في جميع الأوقات عن ظهر قلب، هذا هو الصواب، وهذا هو الأصل، ولهذا أمر النبي صلى الله عليه وسلم عائشة لما حاضت في حجة الوداع قال لها: (افعلي ما يفعل الحاج غير ألا تطوفي بالبيت حتى تطهري ) *ولم ينهها عن قراءة القرآن.ومعلوم أن المحرم يقرأ القرآن.* فيدل ذلك على أنه لاحرج عليها في قراءته؛ لأنه صلى الله عليه وسلم إنما منعها من الطواف؛ لأن الطواف كالصلاة وهي لا تصلي وسكت عن القراءة، فدل ذلك على أنها غير ممنوعة من القراءة ولو كانت القراءة ممنوعة لبينها لعائشة ولغيرها من النساء في حجة الوداع وفي غير حجة الوداع.ومعلوم أن كل بيت في الغالب لا يخلو من الحائض والنفساء، *فلو كانت لا تقرأ القرآن لبينه صلى الله عليه وسلم للناس بيانا عاما واضحا حتى لا يخفى على أحد.*

أما الجنب فإنه لا يقرأ القرآن بالنص ومدته يسيرة متى فرغ تطهر وقرأ فقد كان النبي صلى الله عليه وسلم يذكر الله في كل أحيانه إلا إذا كان جنبا انحبس عن القرآن حتى يغتسل عليه الصلاة والسلام كما قال علي رضي الله عنه: كان عليه الصلاة والسلام لا يحجبه شيء عن القرآن سوى الجنابة وثبت عنه عليه الصلاة والسلام أنه قرأ بعدما خرج من محل الحاجة، فقد قرأ وقال: هذا لمن ليس جنبا أما الجنب فلا ولا آية فدل ذلك على أن الجنب لا يقرأ حتى يغتسل.

فتوى شيخ ابن باز ولجنة دائمة

Hukum bacaan Qur'an bagi wanita yg haid.

Bolehkah wanita haid mambaca Qur'an dlm hari2 dia udzur(hari haidnya/nifasnya)??
Dan bolehkah dia membaca Qur'an ketika menjelang tidur dan membaca ayat qursi tanpa memegang mushaf..??

Alhamdulillah sholawat dn salam smga ttp ats rosulullah. Amma ba'de'.
Sdh sering saya Ibnu Baz terangkan dlm masalah ini bahwa tidak bahaya dn tidak dosa perempuan haid atau nifas membaca Qur'an dgn hafalan. Sebab dalil2 syar'i telah menunjukan itu.  Memabg beberapa Ulama' berselisih dlm hal ini ;

1). Sebagian ahli ilmu ada yg berkata "tidak boleh membaca Qur'an bgi org yg haid/nifas" dengan berhujah *"hadis dho'if"* hadis riwayat abu dawud dari ibnu umar dari nabi bahwa nabi bersabda : *tidak boleh membaca Qur'an org yg haid, org yg junub*. Akan tetapi ini hadis dho'if dikalangan ahli ilmu, sebab di situ ada perowi ismail bin ayasy dari org hijaz dan semua riwayat darinya dho'if.

2). Sebagian ahli ilmu ada yg menqias haid dgn junub, sebeb org junub tdk boleh baca Qur'an begitu pula org haid/nifas, sebab junub dan haid adalah najis besar yg harus mandi jenabat.
Maka saya (Ibnu Baz) jawab : Qiyas tersebut tidak shohih (tdk relevan) sebab haid dn junub beda masanya, junub sebentar akan tetapi haid atau nifas lama masanya dn terkadang sampai berat bagi org haid atau junub, dan kadang2 lama tidak membaca hafalanya bisa banyak yg lupa, dan junub masanya cuma sebentar, dia segera bisa mandi besar/jenabat dan membaca hafalanya. Maka ini junub tifak bisa di Qiyas dgn haid atau nifas.
*Maka yg benar adalah manqulanku Ibnu Baz dari beberapa ulama' bahwa wanita haid atau nifas tidak dosa apabila dia membaca Qur'an dengan hafalanya* , dan tidak dosa (boleh) dia membaca hafalan ayat qur

si ketika mau tidur, dn dia jg tidak dosa (boleh) membaca ayat2 pendek setiap waktu secara hafalan. Ini yg lebih benar, dn ini ada asalnya dari syari'at.
Maka dari itu ada riwayat hadis ketika haji wada' a'isyah haid nabi cuma berkata : kerjakan semua yg dikerjakan org haji tapi janganlah kamu thowaf di baitullah sampai kamu suci.
Dalam hadis itu nabi tidak melarang a'isyah baca Qur'an. Maka ini menunjukan bahwa membaca Qur'an dgn hafalan tidak apa bagi wanita haid, nabi cuma melarang thowaf sebab thowaf seperti sholat, tapi a'isyah tidak menjelaskan bahwa nabi melarang dia membaca Qur'an (dgn hafalan), maka ini menunjukan bahwa membaca Qur'an bagi wanita haid tdk dilarang, kalau dilarang pasti nabi menjelaskan.
Dan secara umum entah dlm haji wadak atau tidak pasti secara umum tiap rumah org iman ada perempuan yg haid dan nifas, kalaupun membaca Qur'an dilarang bagi orang haid/nifas pasti nabi menjelaskan secara umum dn terang sampai semua orang iman faham.

Adapun org junub tetap tdk boleh membaca Qur'an dan org junub masanya pendek dia bisa segera mandi besar dan suci hingga dia bisa membaca hafalanya lagi.
Dlm riwayat nabi pasti selalu ingat pada Allah (prakteknya membaca Qur'an) setiap saat kecuali pada saat nabi keadaan junub.

Inilah fatwa syaikh Ibnu Baz maupun fatwa Laj'nah Da'imah (dewan fatwa resmi saudi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar